Jumat, 22 Oktober 2010

Wacana Provinsi Riau Pesisir

Irvan Gunawan: Langkah Bijak Percepat Pembangunan Wilayah Pesisir

SIAK
-Pembentukan Provinsi Riau Pesisir, merupakan langkah tepat dalam upaya mempercepat pelaksanaan dan pemerataan pembangunan di wilayah Riau Pesisir yang terdiri dari Kabupaten Siak, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Kota Dumai dan Rokan Hilir. Demikian disampaikan Ketua KNPI Siak Irvan Gunawan, menjawab Riau Mandiri, Jumat (1/10) terkait s
emakin gencarnya wacana pembentukan provinsi sebagai pemekaran Provinsi Riau tersebut.
"Kita dari kaum muda Kabupaten Siak siap menjadi garda depan dalam pembentukan Provinsi Riau Pesisir. Apalagi wacana itu sudah semakin meluas di tengah masyarakat lima  kabupaten tersebut," ujar Irvan.
Menurut Irvan, ditinjau dari luas wilayah dan kemampuan anggaran daerah, bukan tidak mungkin apa yang saat ini masih setakat wacana dan rumor, akan benar-benar terwujud. Tentunya harus dimulai dengan pergerakan-pergerakan yang mengarah pada perwujudan pembentukan Provinsi Riau Pesisir, demi lebih mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Pesisir Riau, tegasnya.
Apalagi, dengan luasnya wilayah Provinsi Riau saat ini (terdiri dari 12 kabupaten/kota), mengecilkan kesempatan terbukanya lapangan pekerjaan dan masuknya investor disebabkan kebijakan yang tidak mendukung.

Arwin Gubernur

Sekiranya Provinsi Riau Pesisir benar-benar terwujud, maka akan ada sejumlah sosok yang bakal mampu menjadi orang yang tepat untuk menjadi gubernurnya. Bupati Siak H Arwin AS, yang sisa jabatannya hanya tinggal beberapa bulan lagi, sangat berpeluang menjadi orang nomor satu di provinsi baru itu.
"Bakal ada sesumlah tokoh yang siap memimpin Provinsi Riau Pesisir, jika memang dapat terwujud. Kita kaum muda siap mewujudkannya," ujar Agus Mudhofar, tokoh muda Siak yang saat ini aktif di MUI Kabupaten Siak tersebut.
Di antara nama-nama yang potensial itu adalah H Arwin AS, Bupati Siak. Kemudian ada nama Syamsurizal yang baru lengser dari kursi Bupati Bengkalis dan Zulkifli AS, mantan Walikota Dumai. "Tentunya akan menjadi hal menarik bagi pendidikan politik dan proses pemerintahan dan pembangunan di wilayah Pesisir Riau, jika apa yang masih wacana ini benar-benar terangkat di kepermukaan dan menjadi sebuah pergerakan," tandasnya. n ali

Sumber : Riau Mandiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dari TRICK