Jumat, 17 Desember 2010

INDRAGIRI HILIR

Tembilahan merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Kecamatan Tembilahan memiliki luas wilayah 297,62 km², terdiri dari 6 kelurahan. Ibu kota kecamatan adalah Kota Tembilahan. Jumlah penduduk Kecamatan Tembilahan tahun 2002 adalah 52.773 jiwa.




 

Batas wilayah Tembilahan
Kecamatan Tembilahan memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut :

1. Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Batang Tuaka.
2. Sebelah timur berbatasan dengan Kec. Kuala Indragiri dan Tanah Merah.
3. Sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Enok.
4. Sebelah barat berbatasan dengan Kec. Tembilahan Ulu dan Batang Tuaka

Kelurahan di Kecamatan Tembilahan

1. Tembilahan Kota
2. Pekan Arba
3. Tembilahan Hilir
4. Sungai Beringin
5. Sungai Perak
6. Seberang Tembilahan

Keadaan tanah daerah Tembilahan ini sebagian besar terdiri dari tanah gambut dan endapan sungai serta rawa-rawa. Pusat Pemerintahan Wilayah Kecamatan dari permukaan laut adalah 1 s/d 4 meter. Ditepi-tepi sungai dan muara parit-parit banyak terdapat tumbuh-tumbuhan seperti pohon Nipah.

Karena Tembilahan merupakan daerah gambut, maka daerah ini digolongkan daerah beriklim tropis basah, apabila diperhatikan jumlah hari hujan daerah ini yang memiliki ketinggian rata-rata 2,5 meter dari permukaan laut, tercatat hari hujan yang tertinggi pada bulan Maret 1999 yaitu 11 hari, sedangkan angka yang terendah pada bulan Juni 1999 yaitu 4 hari.

Penduduk Tembilahan
Penduduk Tembilahan terdiri dari berbagai suku bangsa yaitu suku Banjar, suku Bugis, suku Melayu, suku Minang, suku Jawa, suku Batak serta warga negara keturunan Tionghoa. Mata pencaharian utama penduduk Kecamatan Tembilahan adalah di sektor pertanian.
 
Gambar-gambar untuk kota Tembilahan :

Sumber : www.pekanbaruriau.com
Gambar : Segala sumber

3 komentar:

  1. Nama saya Andy Sitanggang, sy sekarang bekerja di salah satu perbankan di kota pematang siantar (sumatera utara).. Orangtua saya dulu bertugas di tembilahan (indragiri Hilir tahun 1980-an.. dan saya lahir di Tembilahan Riau..melihat gambar2 view gedung2 dan pembangunan dikota tembilahan sebagai kota tempat kelahiran sy..sy begitu terkesan..sudah hampir 20 tahun saya tidak.. dan jika ada rejeki sy pingin suatu hari nanti berkunjung ke kota tembilahan tempat lahir saya..Thanks utk website yang sangat berguna ini.. andystng@gmail.com

    BalasHapus
  2. saya Aulia, lahir di tembilahan sampai tahun 1976 kemudian 1977 saat pemilu ortu pindah ke jambi, sampai kelas 3 SD saya di TBH SD MUhamadiyah depan kantor bupati, Masih ingat benar kenangan indah masa kecil di jalan haji said. kebetulan rumahku dulu di lorong banjar. rumah neneku dulu pas di persimpangan jalan haji said, pertama kali bisa berenang di parit dah lupa nama paritnya yg ada pintu air. apakah masih ada parit itu sekarang?nama2 temanku dulu uwai,tarman,yusran,katek, terkahir ke TBH tahun 1998. Pengen banget ke KOta ini...INDAH BENAR rasanya...zaman kecil suka cari bungkus rokok bentul yg jika beruntung dapat gelas ....sekarang aku kerja di Pemda DKI yang tak pernah terbayang sebelumnya.

    BalasHapus
  3. Nama saya robert alvarizo.. Dulu saya sekolah di sd 016 jln telaga biru dan mtsn jalan batang tuaka .. Samping kedai acik mamak ilen. sma PGRI.. Terima kasih sudah melepaskan rindu ini i love u kota kelahiranku....

    BalasHapus

Dari TRICK